Saturday, August 10, 2013

Cara Jitu Bermain PES 2013

 http://www.qpes.org/wp-content/uploads/2012/09/pes-2013-patch.png

Cara Jitu Bermain PES 2013 - PES (Pro Evolution Soccer) adalah game sepak bola yang paling digemari oleh para gamers. Bisa dimainkan di media playstation, PC maupun Laptop.

Saya akan mengulas permainan PES 2013 berdasarkan tingkatan level player computer. Beginner, Amateur, Regular, Professional, Top Player, dan Superstar

1. Beginner
   Level yang sangat tepat bagi para pemula yang ingin mencicipi game ini. Tidak terikat dalam penggunaan trik, hanya mengandalkan berlari, mengarahkan, dan tombol □ X saja

2. Amateur
   Bagi pemula yang sudah berpengalaman bermain game sepak bola entah berupa Winning Eleven, Fifa soccer, pasti tak merasa kesulitan. Mungkin hanya kesulitan karena permainan PES sedikit berbeda.

3. Regular
   Lawan sudah mulai menantang, mempunyai strategi, dan umpan yang matang. Cocok bagi pemula yang ingin tantangan di dunia PES 2013. Disini mulailah pelajari kombinasi tombol R2, atau umpan lambung R1 bersama umpan terobos tombol Δ

4. Professioal
   Sudah mengalami kesulitan. Lawan sudah lihai menghindari rebutan bola, serangan mampu di blok, bahkan shot dari striker lawan sudah on target. Perlu kesabaran dalam level ini, bahkan perlu waktu berminggu-minggu untuk dapat menguasai level ini. Menguasai level ini bisa dikatakan sudah menguasai permainan PES. Akan tetapi masih belum sempurna.

Untuk percobaan melakukan level ini, gunakan club papan atas melawan player computer club rendah. Misalnya, gunakan Chelsea (BPL) melawan Ado Den Haag (Eredivisie). Jika anda sudah berpeluang menang, maka coba melawan club papan atas seperti Paris Saint German (Ligue 1)

Ada cara lain memudahkan pada saat mendribble bola. Yakni trik Link Feints. Link Feints sangat bermanfaat pada level ini. Mulailah rancang Link Feints anda, pilih Options > Personal Data Settings > (Pilih personal data) > Link Feints > (Pilih Create New) > Right Stick Up (pilih bentuk trik yg anda gunakan, Up untuk arah atas) kemudian lakukan hal yang sama pada Right Stick Right, Right Stick Down, dan Right Stick Left.
Untuk mencoba trik link feints ini, lakukan di Training > Free Training
Cara menggunakan ketika bermain, tahan tombol L1 kemudian arahkan Joypad 2 ke arah Up, Right, Left,  atau Down sesuai dengan apa yang telah anda rancang di Personal Data tadi.

Kesimpulan nya, Joypad 2 memiliki aneka trik. Tanpa L1 pun, ketika anda memutar Joypad 2 maka pemain bola melakukan dribble yang mengecoh pemain lawan.

5. Top Player
   Kesan awal pada level ini ketika anda menguasai level Professional adalah "Mudah". Lawan banyak melakukan salah passing, over passing, dsb. Tetapi, disini lawan sudah bermain trik, bukan bermain permainan cantik seperti pada level professional. Jadi, bisa saja anda banyak terkecoh oleh permainan Top Player ini.

6. Superstar
   Menduduki sebagai level tersulit dalam dunia PES 2013. Disini anda sudah harus benar-benar bermain canggih dan cepat. Awas, umpan yang anda lakukan sering dipotong oleh pemain lawan. Dribble anda sering di blok oleh back lawan, bahkan untuk dribble menggunakan link feints. Serangan lawan sangat tepat menuju sasaran, bahkan umpan lambung yang diumpankan selalu on target. Dribble yang dilakukan lawan di level ini sangat energik dan lihai, bahkan bisa melewati 2 pemain sekaligus. Free Kick juga sangat mematikan. Bahkan untuk kiper Joe Hart sekalipun. Yang lebih menjengkelakan, jika anda merebut bola terkadang lawan sering jatuh atau diving, dan wasit menilai pelanggaran pada anda.

Trik saya untuk level ini adalah bagaimana anda bisa melakukan permainan trik, bukan permainan cantik. Mungkin saya bisa merangkum trik pada level ini sebagai berikut :
     1. Saat merebut bola dari lawan, kombinasikan tombol R1
       + X dan □ + X. Tak hanya itu, peran Joypad 1 gunakan
        pula.
     2. Saat mendribble bola, kombinasikan tombol R1 dan R2,
        dimana R2 kali ini digunakan untuk control bola.
     3. Umpan bola kepada pemain yang tak dijaga lawan,
        jangan umpan ke pemain yang telah dijaga untuk
        mengantisipasi agar bola tidak terpotong oleh lawan.
        Umpan yang saya sarankan adalah umpan
        lambung L1 + Δ. Selain itu, anda harus memahami
        timing yang tepat untuk mengumpan bola
     4. Jangan biarkan posisi back melonggarkan pertahanan
        gawang. Mudahnya, sisahkan 1 pemain untuk
        menemani kiper
     5. Atur strategy sebelum bermain.Sebagai contoh musuh
        menggunakan mode "Quick Counter", maka lawanlah
        dengan mode "Long Ball". Di pergantian pemain,
        pemain yang memiliki kondisi panah diagonal ke bawah
       (panah warna biru) itu masih bisa bermain sempurna,
        jangan menganggap pemain itu tidak fit.

Sekian Trik dari saya, made by Naufal

No comments:

Post a Comment